December 10, 2013

Belajar, Ujian, Tes, dan...ah sudahlah...


Learning is interesting-almost-exciting. Taking exams is not.

Hal itu yang terlintas ga lama aja dari saya mencoba untuk posting tulisan ini. Kenapa saya tiba tiba kesurupan ngepost hal hal yang berbau belajar, karena saya emang lagi ada di fase yang muak banget buat belajar. Hari ini ujan terus seharian, besok saya ujian mid term susulan, dan bukannya belajar (baca: menghafal materi) buat UTS, saya malah terjebak pada dunia maya,berjam jam keasikan ngescroll timeline salah satu akun jurnalis yang baru aja saya termuin secara ga sengaja, baca beberapa bab dari kumpulan jurnal yang sama sekali ga ada hubungannya sama materi ujian saya besok.

Emang udah tipikal saya buat gampang ke-distract sama hal lain. So nirma-ish.

Emang udah dari lama ini saya sering kali mikir, kenapa sih mesti ada ujian? Kenapa ya? Ya buat ngukur kemampuan lah nir, namanya juga lagi kuliah. Ya mau ga mau. Tapi bener deh, saya mendambakan kehidupan yang kalo bisa, kita bebas belajar apapun yang kita mau, baca bergunung gunung buku yang kita tertarik banget, diskusi berjam jam berhari hari isu yang kita kepoin, observasi hal hal yang emang udah diujung kepala pengen banget kita temuin jawabannya, tanpa ada ujian. TANPA ADA UJIAN. Muluk? Emang. Kalo ga muluk, pasti udah bisa dijadiin sistem pendidikan di Indonesia kali deh. Makanya saya juga Cuma bisa bacot doang di blog. Sori deh, anak nya emang bukan tipe penggerak, tapi emang pen-dumel ulung doang. Mohon maaf ya, Bung Karno Bung Hatta, dan kawan kawan pahlawan.
Tapi bener deh, saya bukan nya sok sok intelek atau gimana ya, saya juga anak nya ga pinter pinter amat, dan ga suka suka amat belajar—kalo belajar diidentikan dengan baca teksbook kuliah dan belajar seharian rutin buat ujian. Tapi saya suka belajar. Definisi belajar saya itu ya tadi: baca buku seenak enaknya saya suka, diskusi kanan kiri dari orang yang lebih pinter, scrolling akun orang-orang yang punya banyak pandangan tentang isu isu yang beredar, baca blog blog dengan perspektif warna warni, atau bolak balik portal berita buat lihat tek-tok isu yang beredar udah ada di level apa. Dan yang penting, GA PAKE UJIAN.

Bukannya saya sentimen sama ujian dan bener bener anti-ujian. Enggak kok, cuma tadi setelah saya abis baca jurnal perempuan, terus ngerasa pusing sendiri karena baca tiduran, ga pake kacamata lagi, saya memutuskan untuk berhenti sejenak. Berdiri. Atur nafas. Minum air segelas. Memejamkan mata beberapa detik, terus buka mata. Eeeeehh, pas lagi buka mata, materi ujian marketing communication saya nongol di depan mata, semacem ngambek, unjuk rasa, “Gile lu yeh nir, besok nih gue yang bakal muncul di soal ujian, bukan jurnal perempuan! Lo mau nganggurin gue aja gitu?”
Terus saya mikir. Kaya nya saya lebih eager buat belajar ketika saya tahu bakal ga ada ujiannya. Biasanya saya jadi jauh lebih kepo dan input nya pun banyak. Tapi, yaaa saya juga mikir. Saya males belajar karena ujian, apa sebenernya karena saya takut sama hasil ujiannya nanti? Ketika saya sudah usaha semaksimal yang saya bisa tapi ternyata hasil ga berbanding lurus sama usaha? Gitu alesannya? Karena saya takut kecewa sama diri sendiri? Makanya saya lebih suka jalan aman buat belajar semau saya, sejauh yang saya suka dan pengen, tanpa harus diuji? atau karena emang saya nya aja yang ga mau repot keluar dari zona aman menyenangkan ga ada beban?

Ga ngerti. Ga paham. Yang jelas, saya masih ga pengen belajar buat ujian atau ngerjain tugas yang lain, dan mau lanjut baca yang lain. Keburu teh manis anget saya jadi dingin.

No comments:

Post a Comment