July 11, 2013

Hura-Hura Pramuka (part1)

Ini cerita singkat saya dan teman-teman main main ke Pulau Pramuka. Liburan kali ini tema nya Hura-Hura Pramuka (HHP). Nah liburan kita kali ini berbudget minim tapi tetap asik kok. Jadi, kami ke sana itu tanggal 1-3 juli. Kita itu: saya, Ruth, Melati, Nilam, Caca, Dhani, Gevin, Rizky, Acit, Dimas, Riki, Komuk, Fajar, Rendy, Bonci, Adit, Kak Joni, Kak Macel, Kak Beler. Rame sih, iya banyakan, makanya jadi murah hehehe :p

Tanggal 1 juli pagi, kita janjian di Stasiun UI kan ya, niatnya sih kumpul jam 5 pagi, tapi ya namanya juga orang Indonesia dan segala predikatnya, jadilah baru ngumpul dan berangkat sekitaran jam 6 pagi. Kita berangkat ke Stasiun Kota naik commuter line, yang cuma seharga 4500 rupiah doang deh seinget saya. Kereta ya udah lumayan penuh, secara itu senin pagi, jadi cukup mesti usaha saingan sama mbak mbak mas mas cantik ganteng rapi yang mau berangkat kantor. Sampe Stasiun Kota langsung nyewa angkot buat ke Muara Angke. Lumayan juga sih ada Kak Macel yang berpostur ala ala pemain smack down nyerempet preman, jadi bisa langsung nego-nego harga sama tukang angkot. Jadilah kita ke Muara Angke naik angkot. Sampe Muara Angke, duh saya bingung mau gimana jelasinnya. 1 kata deh: BAU. Udah itu aja—ga udah juga sih—bau, becek, duh ampun semua mua nya deh. Ga paham kenapa itu pelabuhan (pelabuhan atau bukan ya? Hahaha) bisa segitu kotor dan jorok dan kumuhnya. Anyway, di Muara Angke, ternyata perahu nya udah dateng, lantas lah kita mulai satu satu loncat meloncati perahu demi perahu lain untuk bisa ke perahu kami. Lumayan licin sih, jadi mesti dibantuin dipegangin juga sama yang lain pas mau loncat.

Pas di perahu kita ambil posisi di paling atas. Lumayan kena angin sepoi-sepoi. Kebetulan hari itu cuacanya lumayan cerah, ya jadi seakan semesta mendukung liburan kita kali ini. Langit biru awan putih semacam yang ada di tivi tivi deh pokoknya. Anak-anak hampir semua excited pas nyampe perahu, apalagi pas perahu mulai jalan. Kalo saya sih, anak nya suka mabok perjalanan, jadi langsung minum antimo terus tidur di sejam pertama. Tewas. Tepar. Tips aja sih buat yang mau kesana juga, kalo emang suka mabok perjalanan, coba minum obat anti mabok dan stay kalem aja deh, jangan petakilan yang ga perlu karena nyebrangnya itu lumayan lama, 2.5 jam-an deh. Mending simpen tenaga buat beraktifitas di pulau tujuan.

Mulai nyebrang jam setengah 8, kita sampe di Pulau Pramuka jam 10an. ALHAMDULILLAH AKHIRNYA DARATAN. Karena saya mulai masuk angin di perahu, dan mengetahui keadaan bahwa pacar saya dan gevin pun sudah muntah diperjalanan tadi, saya seneng banget tau kita udah sampe. Dari sebelum sampe pun, udah mulai keliatan bedanya banget tuh laut kepulauan seribu sama laut muara angke yang ga beda jauh sama got, selokan, karena warna airnya lebih mirip oli daripada laut. Laut di pulau pramuka yang cantik. Biru kehijau-hijauan. Cukup bersih, pas di pelabuhan, bisa liat pasir-pasir pantai berwarna putih di bawah air dangkal yang juga bersih. Wah pemandangan langka deh buat orang-orang kota macem kita. Udara di sana juga lumayan bersih. Lah iya orang boro-boro polusi, kendaraan bermotor aja dikit disana. Walaupun panas lumayan terik, tapi setidaknya pulau pramuka menyediakan udara yang lebih ”paru-paru-awi” buat manusia.

Gerbang penginapannya
Dari pelabuhan, kita berusaha lagi buat ke tempat penginapan, sbenernya ga begitu jauh kok, tapi ya karena tenaga saya mulai abis-abisan, jadi terasa lumayan jauh. Tapi gapapa, semangat berlibur saya menghilangkan semuanya. Setelah beberapa kali belok berliku di gang gang pulau pramuka, sampailah kami di tempat penginapan. Namanya Wisma—duh lupa deh saya, pokoknya ada hubungannya sama kementrian kelautan kayanya, maap deh anaknya pelupa. Penginapan kita itu bentuknya kaya ruangan besaaaaaaaaaar yang dikelilingi oleh beberapa kasur-kasur besar. Jadi intinya, buka pintu langsung kasur geletakan. Wah, ga pake basa-basi langsung semua menghambur ke kasur. Tapi ternyata baru BRUK melemparkan diri ke kasur, baru tau kalo kasur nya banyak debu, jadi ya mau ga mau menunda quality time sama kasur dan beberes beres dulu biar istirahat nya enak. Oh ya kalo ga salah denger dari Kak Joni, sang PO HHP, semalem ini penginapannya sekitar 200 ribuan.
Tampak depan penginapan

Setelah beres-beres dan bersih bersih, beberapa dari kita ada yang langsung istirahat, molor di kasur yang udah diberesin, ada juga yang mulai ga sabar mau jalan-jalan. Kalo saya, LAPER. Jadinya saya usaha muter muter sekitar buat nyari makan. Ekspektasi saya semua makanan dan hal hal lainnya bakal mahal. Tapi ternyata ga juga sih. Semangkuk indomie plus 3 baso gede gede dipatok 8 ribu rupiah. Teh botol juga masih manusiawi kok, Cuma 3 ribuan. Ya wajar lah buat ukuran di pulau juga. Saya beli sendal jepit swallow juga harga nya masih 9 ribuan. Ga semahal yang saya pikir. Oh iya pas makan indomie itu, saya sempet ngobrol-ngobrol sama ibu penjual nya. Menurut beliau yang orang asli pulau, pulau pramuka mulai dibenahi infrastruktur nya mulai tahun 2008. sebelumnya, air susah listrik susah apa apa susah. Ternyata ini sesuai sama yang cerita pacar saya. Kebetulan beliau udah pernah sekali ke pulau pramuka tahun 2010-an dan katanya, ”Jam 10 malem listrik udah mati, nir. Makanya dulu gue gelap gelapan pake lilin doang yang nerangin.” lumayan serem juga sih ya. Tapi untung nya sih pas saya dan temen-temen kesana listrik udah nyala sentosa raya sih, jadi ga perlu nyalain lilin buat jadi penerangan. Ya lebih nyaman deh jatohnya.

Pas saya jalan-jalan sambil nyari makan, kehidupan di pulau pramuka ya agak beda mungkin ya kalo menurut saya dari kehidupan ’saudara daratan’ nya mereka. Disini orang orangnya lebih humble, lebih seneng nyapa kanan kiri, nyapa yang lewat. Soalnya yang disapa bukan saya aja yang ala ala turis ceritanya, tetangga tetangganya juga disapa-sapain tuh. Terus juga, dua kali saya jalan-jalan, dua kali juga saya liat mereka bakar-bakar ikan di depan rumah sambil ibu-ibu nyiapin sambelnya. Romantis sih menrut saya, udah jarang banget yang kaya gitu di jakarta atau setidak nya di lingkungan saya sendiri. Mungkin karena ga teralu banyak didominasi sama teknologi yang mengalienasi kali ya jadi mereka punya quality time sama tetangga yang lain. Pertemuan manusia-manusia secara langsung, bukan via layar gadget. Perumahan disana semacem gang gang kecil sih, ya ga beda jauh dari jakarta. Cuma ya, jalanannya berpasir, bukan tanah ataupun aspal. Cukup back to nature sih sebenernya. Walaupun saya ga bertelanjang kaki, melainkan pake swallow merah 9 ribuan.

Di dermaga, latihan snorkeling. (kika) Riki, Caca, Komuk,
Fajar, Kak  Angga, Saya, Nilam, Kak Joni
Setelah makan dan jalan jalan, saya balik ke penginapan buat istirahat. Yang lain malah udah tewas duluan,. Kita bangun jam 4-an terus siap siap latihan snorkeling. Bersiap lah kita, pake baju renang. Udah siap siap, ambil peralatan snorkeling, kita jalan kaki ke dermaga. Sampe sana ganti gantian deh tuh nyebur. Lumayan banyak ikan gemes gemes nya juga sih. Tapi sesekali nemu sampah ngambang. Huft. Tapi so far, menyenangkan kok latihan snorkeling nya disana. Setelah berenang berenang ga jauh jauh dan foto foto genit, kita balik ke penginapan sebelum magrib.

Sampe penginapan, bersih bersih terus makan, istirahat sebentar, terus karena sms dari si melati yang bilang kalo langit nya bagus, banyak bintang, jadi lah saya BM (banyak mau) ke pacar buat pergi liat bintang juga. Setelah dibujuk bujuk sedikit maksa, akhirnya mau juga tuh pacar saya diajak jalan. Dan ternyata emang si melati ga boong, langit nya bagus banget. Banyak bintangnya, saya jadi semacam jalan-jalan malam romantis sama pacar. Tapi karena kita udah jalan dan ga ketemu si melati, akhirnya kita jalan ke arah pelabuhan dan duduk disana. Ternyata ada penangkaran ikan ikan dan mahkluk laut. Saya kegirangan bisa liat liat aneka ria bentuk ikan yang lucu lucu dan gede gede. Bahkan saya liat penyu di situ! Lumayan gede pula. Terus saya jadi teriak teriak.”Ih ada penyu! Ih ada penyu!” norak banget sampe saya dimarahin si Angga gegara saya norak. Berbekal senter yang dibawa angga nugraha itu lah, saya jadi hepi sendiri nyenter nyenter ke air laut yang jadi penangkaran ikan ikan itu, serasa liat aquarium raksasa dan bintang bertebaran di langit malam. Yaaah lumayan lah, jalan-jalan malem itu saya dan dia jadi punya quality time, sekalian ngobrol-ngobrol tentang hidup sama beliau. Ciyeh.

Abis dari situ kita balik, dan istirahat karena besok, hari kedua, kita mau snorkeling seharian sampe eneg.
Nanti deh diposting lagi yang hari kedua sama ketiganya :)