July 12, 2013

Pulau Pramuka (Part 2-end)

Hari kedua, tanggal 2 juli itu kita habiskan dengan snorkeling sampe mual. Literally mual. Jadi, kita mulai snorkeling itu pagi sekitar jam 8 jam 9 an. Abis makan dan persiapan alat-alat kita langsung berangkat ke dermaga. Dari subuh emang cuacanya udah mendung mendung sendu mengajak kembali bobo. To be honest sempet beberapa dari kita yang agak males buat snorkeling karena kasur begitu posesif. Tapi, tanggung lah orang lagi liburan di pantai, masa cuma tidur -.-” jadi ya sudah akhirnya kita berangkat walau cuaca mendung dan gerimis mengundang hawa dingin pembawa kantuk.

Spot snorkeling pertama itu sekitar 20 menit dari pelabuhan pulau pramuka. Di spot pertama ini, sebelum nyebur aja udah mulai keliatan itu karang karang gemas di bawah laut. Kayanya sih lautnya ga begitu dalem. Semangat bermain dengan ikan ikan pun mengalahkan cuaca sendu sendu kemayu itu. ga lama setelah sampai kita udah byar byur buat snorkeling. Spotnya bagus kok. Banyak karang karang warna warni beraneka macam. Dari yang bentuknya kokoh macem batu bata sampe ada yang semacem spiral. Merah, kuning, coklat, banyak deh warna warna nya. ikan ikan nya juga lucu lucu banget. Warnanya ga kalah banyaknya kaya terumbu karang. Ada yang bentuknya kaya ikan Dori di Finding Nemo. Pas saya ketemu, saya girang banget. Duh pokoknya saya norak deh liat ikan ikan berenang renang di antara saya. Oh iya, disana juga lumayan banyak bulu babi. Niatnya sih si angga nugraha pengen ngambilin saya satu, pengen buktiin kalo bulu babi bisa dipegang, tapi nyata nya gajadi tuh. Keabisan napas kayanya kalo mesti nyelem. Maklum senior, udah tua.

Di perahu mau snoekeling (kika) Bonci, Melati, Saya, Ruth
Kita lumayan lama tuh di spot pertama. Ada kali sejam, tapi saya lupa sih pastinya, yang pasti lama. Soalnya dari mendung, agak silau, sampe mendung lagi. Akhirnya, setelah bapak pemilik perahu bilang kalo masih ada spot lagi, baru deh pada mulai satu satu balik ke perahu. Spot kedua snorkelingnya ga gitu jauh dari spot pertama sekitar 10-15 menit kali ya. Ga jauh deh. Nah pas lagi sampe sana, langit udah beneran mendung tuh, sempet rintik sebentar tapi sih berhenti. Di spot kedua ini, saya ga ikutan turun snorkeling. Si angga nugraha nampaknya mabok lagi, sampe muntah segala, saya ga tega ninggalinnya. Tapi emang saya juga udah pusing sih semenjak dari spot pertama. Sempet nyebur juga di spot kedua tapi ga ada 5 menit. Soalnya kepala saya nyut nyutan. Ga tau angin, atau emang udah penat kena tekanan laut, atau emang si nugraha ga rela saya berenang sendirian, terus transfer penyakit ke saya. Ga paham juga sih. Tapi yang jelas, akhirnya saya nemenin dia diatas perahu. Setelah balurin beliau minyak kayu putih, eh yang punya badan langsung tidur. Emang nyebelin juga sih, tapi karena sakit ya sudahlah. Selama si nugraha itu tidur saya ngobrol-ngobrol sama Pak Berry, pemilik perahu. Beliau juga asli pulau seribu, tapi rumah nya di pulau samping pulau pramuka, pulau sampang, sandang, atau apalah namanya—tuhkan saya orangnya emang pelupa banget, payah. Nah, ternyata spot kedua itu memang tempat pelestarian terumbu karang. Tempat perahu kita ’parkir’ waktu di spot kedua itu emang lebih dalem lautnya. Pak Berry bahaya kalo kita ngedekitin area sana soalnya, perahu bisa ngerusak terumbu karang yang lagi dirawat itu. Jadi buat yang mau liat liat ya mesti berenang agak lebih jauh. Pas si melati dan yang lain balik ke perahu, saya tanya, dan katanya emang karangnya aneh aneh tapi bagus banget gitu katanya. Ya berarti berenang agak jauh sedikit terbayar karena biota lautnya memang bagus.

Di Pulau Semak Daun (kika) Nilam, Saya, Gevin, Caca,
Ruth, Rizky, Melati
Sebenernya rencana awal itu mau snorkeling 3 spot, tapi karena cuaca yang mendung terus ala ala mau ujan, ditambah ke-BM-an temen saya, Rendy, yang ngidam main pasir dari jaman ke Pelabuhan Ratu sekitar beberapa bulan yang lalu, dan juga perut yang lapar, akhirnya kita ke pulau Semak Daun. Disitu lumayan lah ada pasir pasir putihnya. Bagus kok. Turun perahu langsung main pasir. Tapi ga lama, soalnya tetiba ujan lumayan deres, jadinya kita neduh dulu di warung kopi, nyeruput nyeruput kopi sama makan popmie sambil nunggu hujan berhenti. Untung ga lama, jadi kita bisa main pasir sama pantai lagi di sana. Dari main main air, foto foto, terus sama main pasir, dari ngubur fajar sama rizky yang emang kebetulan abis ulang tahun, sampe bikin bikin bentuk macem macem di pasir. Duh.
Fajar , the birthday boy :3
"Ini gue bikin WC, Nir!" Rizky, 21 tahun

Komuk, Dimas, katanya mau bikin
'Masterpiece'
Rizky, the birthday girl :)

Setelah puas main pasir, kita ke tempat penangkaran ikan. Disana juga macem macem ikannya. Sampe ada ikan hiu segala saya jadi ngeri. Tapi seneng sih ngeliat masih ada orang orang yang peduli sama lingkungan gitu. Tapi di tempat itu saya ga banyak liat liat, soalnya ada insiden kesusuban kayu di tangan. Lumayan ngerepotin sih soalnya ada 5 serpihan kayu di telapak tangan saya. 4 kayu berhasil diambil angga di sana, sisanya 1 serpihan sisa kayu belum. Itu sakit banget diambilnya. Beneran saya nangis sampe mata bengkak pas lagi diadakan ’operasi dadakan’ buat mencabut serpihan kayu itu sama Rendy di penginapan sepulangnya kita dari sana.
Penangkaran Ikan yang ada Hiu nya
Pulang ke penginapan udah mulai sore, sekitar jam 5an gitu. Badan udah cape ngerentek rentek. Selesai bersih bersih mulai tepar satu satu, saya juga sempet tidur abis mandi. Pas magrib, kita makan dan setelah itu dilanjutin sama pesta kembang api. Ih seru banget ada segala persiapan nyalain kembang api disana, serasa pulau pribadi hahahha. Tapi acara ga lama diadain di luar soale cuaca kembali ga bersahabat. Kita balik ke penginapan, terus mulai sesi sesi curhat. Salah satu hal priceless ya ini, ngobrol bareng. Ya curhat lah, ya curhat lah ya curhat lah. Kayanya emang acara begituan pas dipake buat curhat dari hati ke hati hehehe. Ga Cuma curhat sih,makin malem makin ada aja tuh yang cerita cerita horor. Duh tipikal liburan banget pasti ada cerita serem gitu. Karena males, akhirnya saya masuk ke penginapan aja, soalnya udara di luar juga udah mulai dingin banget.

Kuda Tomplok
Ternyata ga lama setelah saya masuk, temen-temen yang di luar juga masuk semua. Ga tau ketakutan sendiri gara gara cerita hantu atau emang udara di luar udah ga kondusif lagi buat acara kongkow kongkow di teras. Mulai keabisan gaya tuh kan mau ngapain. Secara tivi ga ada—ada sih, tapi antena nya yang ga ada, jadi yang keliatan tivi yang kesemutan doang—mau gosip, gosip juga udah abis. Nah, entah ajakan siapa—kayanya sih si nugraha—para lelaki itu main tomplok kuda. Permainan jaman SMA banget. Jadi ada dua tim, yang jaga pada membungkuk berjejer mundur kebelakang, satu berdiri di pojokan paling depan. Tim yang lain, bersiap buat lari, loncat dan ngedudukin pungung lawan yang membungkuk supaya mereka jatoh. Nah kalo udah semua anggota tim loncat tapi ga ada yang jatoh, tugas anggota yang paling depan deh tuh buat suit. Menang enggaknya ditentuin sama si tukang suit yang paling depan. Barbar sih. Emang. Dan lebih barbar kalo liat sendiri mereka main. Itu badan badan gede macem buldoser kaya komuk, kak macel, dimas, danlainlain itu beneran seniat itu loncat dan menduduki punggung lawan. Duh saya lemes sendiri liatnya, tapi lucu juga sih, soalnya ada aja ekspresi aneh aneh yang dikeluarin para cowo cowo itu pas lagi main. Ada yang determined banget, ambis gitu ceritanya mau menang, ada yang pasrah karena udah cape didudukin sama tim lawan yang kelas berat, berat secara harafiah. Ada juga yang ngelawak terus kaya rendy. Permainan itu bener-bener menghibur sampe capek banget. Yang main capek main, yang nonton cape ketawa hahaha. Karena keras nya permainan, permainan dihentikan jam 9an gitu. Karena udah pada cape, kita semua balik ke kasur masing-masing. Beneran ga ada sejam, wisma udah sunyi sepi senyap, makhluk-mahkluknya udah tidur semua.

Hari ketiga, 3 juli, itu emang jadwalnya kita balik ke realita. Karena kapal yang ke muara angke dateng jam 7, maka sudah sedari jam setengah 6 lah saya dan Kak Joni membangunkan yang masih bobok. Setelah perjuangan cukup panjang ankhirnya sekitaran jam 6 lewat mereka bangun semua. Ada yang langsung sarapan dulu karena emang makanannya udah dianterin, ada juga yang mandi dulu siap siap. Kita ninggalin penginapan sekitar jam setengah 8 hahaha. Itu udah mendung dari subuh dan emang gerimis gerimis juga. Sampe pelabuhan, masya Allaaaaahhhhh. Rame buanget. Saya ga sangka kalo kapal bisa sepenuh itu. bener bener penuh deh. Bagian atas udah full, bagian bawah yang depan juga udah orang bergelimpangan dimana mana. Akhirnya, kita duduk bareng tumpukan tas tas entah punya siapa aja diatas mesin yang panas banget. Karena emang ga bisa senderan juga akhirnya saya pindah duduk ke bawah, masih samping mesin sih, tapi seenggaknya saya bisa senderan di mesin yan dilapisi papan kayu, walaupun bikin punggung panas kaya ada sensasi spa nya, tapi mendingan deh daripada harus ditempat awal. Kita duduk juga ga barengan, setengah dari kita duduk di bagian samping mesin sama kaya saya duduk. Sisa nya di bagian belakang kapal barengan sama box box ikan. Itu box nya gede gede banget loh by the way, serasa kaya barengan peti mati. Dan ternyata ga si cowo cowo itu aja yang duduk disana, ada buanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkk banget orang yand duduk sampe tiduran diatas box ikan. Duh bener deh saya bingung itu kapal atau patas 45. penuh banget. Saya sempet ngeri juga gimana kalo misalnya kapal jadi overloaded. Untungnya aja enggak. Perjalanan nyebrangnya juga relatif malah lebih cepet. Sekitar 2 jam aja. Mungkin karena dibantu angin atau apa—maaf saya sotoy. Hal menarik yang saya pelajari waktu perjalanan pulang adalah bagaimana mengestimasi waktu sampai. Caranya: Perhatiin warna laut sama cium udara sekitar!! Hahaha itu ampuh banget. Karena semakin deket jakarta daratan, warna laut bakal semakin kotor, banyak sampah bermunculan, dan bau nya semakin amis. Bener deh. Coba aja. Tiap temen saya nanya, ”Nir, berapa lama lagi ya?” saya tinggal jawab, “paling bentar lagi, tuh air nya udah coklat.” Simple. Gampang. Gancil.

Setelah berkesel kesel ria karena pas di papal ada aja orang yang buang sampah sembarangan di laut, akhirnya kita sampe juga di Muara Angke, sang pelabuhan hitam, ga hitam juga sih sempet saya liat laut nya jadi warna warni kaya pelangi akibat ada cairan kimia yang tumpah di laut. Fufufufufufu. Sadly, it really happened guys. Kalo kata si angga nugraha sih, dia dan dimas jadi pengen bikin album judulnya Rainbow Sea, “terispirasi dari Muara Angke,Nir!”—iya iya terserah, Ler—kalo Rendy mendeskripsikan keadaan Muara Angke beda lagi, “Kaya Singapore pas jaman bajak laut Nir. Tuh yang kaya di Pirates of Carribbean.” Saya cuma mengangguk angguk aja antara setuju dan yaudahdeh biar cepet yang penting turun kapal.

Pelabuhan di Pulau Pramuka, Last sight before aboard :")
Setelah turun dari kapal, ternyata ada yang bawa oleh oleh, angga nugraha, dimas, sama bonci kena air ikan. Demi tujuh langit deh ya itu mereka jadi bau banget. Angga kena di kepala nya, meresap hingga rambut, dimas kena punggungnya, bonci kena tas nya. FYI aja itu bau rambutnya angga ga ilang sampe seminggu kemudian. Dari Muara Angke kita melanjutkan perjalanan pulang sama kaya kita dateng, ngangkot dan ngereta api. Sampe di Depok itu sekitar jam 11 setengah 12an. Udah cape dan bau ikan, kita balik ke kosan masing masing. Seneng banget sih perjalanan budget miring itu selesai dengan hepi hepi. Udah lama soalnya ga ’kabur’ dari rutinitas. Liat keadaaan orang lain dan lingkungan lain juga bisa bikin kita belajar kalo hidup ya ga cuma hidup lo doang. Masih ada hidup orang lain yang ’lebih’ atau ’kurang’ dari lo, dan tapi mereka tetep hidup hidup aja, survive survive aja. Hura-Hura Pramuka ini selain bikin saya hepi karen liburan bareng temen dan pacar, bikin saya ngerti juga kalo lo ga bakal mati kalo hidup ga pake gadget dan ga ke mall.

Thanks Scout Island—or whatever you’re usually called—Welcome Back, Reality!!! J