July 28, 2012

Eyeliner, Indikator Keberhasilan Perempuan


Ini alasan saya kenapa saya lebih senang menggunakan angkutan umum untuk pergi kemana mana. Selalu ada cerita. Entah itu sesuatu yang menyentak saya untuk bangun, sindiran halus yang buat cekit-cekit kecil di hati, sampai banyolan yang meledakan tawa saya.

Namun untuk kali ini, kategori nomor dua yang hadir di pagi saya.

Pagi itu pagi yang sederhana. Cantik seperti biasanya. Hari senin, dan hari yang sama untuk memulai realita. Begitu pula saya. Saya harus kembali ke Depok, kota panas menyengat, representasi seperdelapan panas neraka. Seperti biasa, saya pergi menggunakan angkot dari perempatan rumah saya dan nanti nya disambung bus ke arah pasar rebo.
Nah, di angkot itu lah cerita kategori kedua itu dimulai.

Diawali dengan naiknya dua mbak-mbak cantik nan rapi ke angkot. Awalnya sih saya santai aja, mereka berdua bercakap-cakap layaknya teman sepermainan *ini apa sih* terus lama kelamaaan, pembicaraan mereka mengarah ke sesuatu yg membuat mata saya menyipit dan hati saya cekit-cekit.

Eye liner.

Siapa perempuan yang baca tulisan saya, ga kenal sama eye liner?
Yah, kalo ga tahu eye liner, ini deh nama lainnya, sipat mata atau celak mata *sumber: mama dan mak aji, nenek tetangga sebelah rumah
Kalo masih belum inget juga, udah bayangin aja, ada aspal cair hitam yang nempel di garis kelopak mata dari ujung kanan sampai kiri.

Ya semacam itu lah.

Nah, mbak 1 itu ceramah ke mbak 2 karena si mbak 2 pakai eye liner nya berantakan. Ga bagus gitu bentuk nya. Kalo istilah mbak1 nya sih "menyon-menyon". Entahlah saya juga ga ngerti itu terminologi dari mana.
Si mbak 2 membela diri dengan alasan emang ga bakat dandan dan tadi buru-buru (alasan yang familiar buat saya hahaha) Tapi, entah itu si mbak 1 kader dari Partai Make Up Indonesia atau apa, dia malah cerewetin si mbak 2 dengan semangat membara dan berapi-api. Dia bilang gini:

"Jadi cewe tuh paling ga bisa dandan dikit2. Supaya ga malu2in diajak kondangan. Modal tuh"

Waaaaah, mendelik lah mata saya
Ngilu lah ini dada saya
Cekit-cekit lah hati saya yang lembut ini

Kenapa hati saya cekat-cekit?
Soalnya, sudah dari kapan tau saya punya eyeliner. Sudah dari kapan tau saya belajar pake. Dari yang bentuknya cair, pensil, spidol lah, tetap aja ga bisa bisa. Kalo di twitter, saya biasanya pake tagar #emanggabakatcakep

Saya jadi mikir, segitu esensial nya eye liner buat perempuan? sampai-sampai indikator 'malu-maluin ke kondangan' diukur dari rapi dan sempurna nya garis semi aspal itu mengukir di ujung kelopak mata?
Entah lah, hanya Tuhan, Mbak 1 penggiat eye liner itu, dan mungkin sales oriflame yang tahu.

Yaaaaa, tapi kalo dipikir-pikir, omongan mbak 1 itu ada benarnya juga, sih.
Maksud saya, ga ada yang salah dalam usaha. Apalagi usaha memperbaiki atau mempercantik diri, asal ga berlebihan sih sah sah saja. Lagian, kalau pribadi kita, secara fisik dan kepribadian, menarik dan enak dipandang, kan kita juga yang untung. Orang di sekitar kita juga untung, yaaa pada kasus mbak-mbak tadi, "ga malu-maluin diajak kondangan" lah istilahnya.

Mungkin pertemuan saya dan mbak-mbak pagi tadi merupakan cara Tuhan untuk mengingatkan saya supaya sedikit lebih perhatian sama penampilan saya. Mungkin, Tuhan mempersiapkan saya untuk lebih 'luwes' dan 'enak dipandang' ketika saya harus menghadapi dunia kantor. Yaaaa, kan ga lucu aja ke kantor, meeting sama klien, tapi muka saya gini-gini aja kaya anak SMA mau rapat OSIS (anak SMA sekarang aja lebih jago pake eyeliner dibanding lo, nir) hahaha

Well, dengan hati yang masih setengah cekat-cekit, saya menghela nafas dan membatin, "Sudah saat nya saya berdamai dengan eyeliner yang berdebu di pojokan kamar sana"

Semoga saya cepat lancar pakai eye liner.
Semoga saya ga malu-maluin diajak kondangan.

Amin.

No comments:

Post a Comment