July 12, 2012

Mencoba Itu Tak Pernah Ada Salahnya

Pernah ga sih kalian merasa hidup kalian gitu gitu aja? ngerasa bosen sama semua kegiatan dan aktifitas yang terjadi sesuai jadwal? Ga ngerasa bebas karena yaaaa selalu ada setumpuk rutinitas yang harus dijalanin dan seakan akan itu kebutuhan yang bersifat wajib dan haram hukumnya kalo ga dikerjain?
Ngerasa ga bebas sama hidup sendiri padahal hidup itu milik sendiri? Pernah ga? Pernah? Saya sih sering, hehehe.

Biasa nya sih saya selalu punya "escape plan". Yaa sebenernya ga ke-plan-plan amat sih, soalya biasanya saya melakukan itu secara spontan. Hal yang paling sering saya lakukan adalah "ngerandom". Itu bahasa saya terhadap kegiatan jalan-jalan ga jelas saya. sendirian. ga tau mau kemana. seenak-enaknya aja. ga ngasih tau siapa-siapa, atau paling esktrem, ga ngabarin siapa-siapa dan ga pulang hahaha, jarang sih kalo sampe ga pulang itu :P. Dari situ biasanya saya melamun, ngeliatin jalan, ngeliatin orang-orang, langit, kendaraan, apapun. sampai akhirnya saya punya bahan pembelajaran dalam hidup. berkaca terhadap kehidupan luar sana dan apa yang mesinya saya perbaiki atau pun ubah. Sok bijak sih kedengeran nya, tapi jujur, saya sering kaya gitu. Karena setiap hidup di luar sana pasti punya pembelajarannya sendiri-sendiri. Saya percaya itu.

Nah, kalo udah ngelakuin ritual "ngerandom" saya, biasanya ujung-ujung nya gini nih, nulis blog, atau nulis dimana deh, secarik kertas atau apa. Biasanya ini bantu banget buat relieving burden. Karena bagi orang yang cerewet kaya saya, nulis di blog itu mengununtugkan. Pertama, saya bisa ngoceh, ngedumel seenaknya tanpa mikir-mkir. Kedua, ga akan ada orang yang kerugian gara-gara muak, kesel, bete keganggu gara-gara kecerewetan pikiran dan mulut. Kan kalo di blog ujung-ujungnya paling saya cuma ribet buat ngetik, suara tak-tik-tuk aja gitu dari keypad.

Anyway, Out of Topic saya udah kebangetan. intinya sih saya mau share cerita aja kalo "keisengan" nulis saya berdampak cukup baik. uum, gini deh. saya suka nulis juga bukan berarti saya jago nulis atau gimana. Saya nulis itu sebagai "ritual" menyeimbangkan mulut, hati, dan pikiran aja. Bahasa saya ga bagus dan saya suka banget jump into one topic to another randomly--and yes, i did it again--haha. Nah, sekitar sebulanan itu, dosen saya minta saya buat nulis artikel buat salah satu majalah. Saya harus nulis review pementasan teater di kampus saya. Dhuear!! saya kaget ga karuan. Sumpah minder parah. Ga pernah sebelum nya saya nulis untuk majalah. Ya kali majalah, dibaca orang. Blog semdiri aja ga pernah ada yang baca selain saya sendiri hhaha. Back to the topic, akhirnya setelah pergulatan batin, saya mencoba untuk menulis artikel itu. Dengan tmodal niat dan nekad, akhir nya artikel itu jadi dan saya submit ke dosen saya. Saya sih udah Lillahitaa'ala aja. Pasrah. Dipajang sukur, engga juga ga papa. However, you know what? Si majalah itu malah mampang artikel dengan nama "By Ayu Sandiningtias". Hah?! Ayu Sandiningtias yang mane nih? haha saya malah jadi bingung. Ya emang sih, itu juga hasil edit megedit seseorang editor, but I mean, trying something new is somehow interesting. Kalian jadi tau sebenernya limit kalian itu seberapa. Kalian jadi tau kalo sebenernya, hal-hal baru itu menyenangkan buat dicoba, kalo pun emang gagal, yaudah gapapa, toh namanya nyoba. Seenggaknya, kalian punya catatan di hidup kalian kalo kalian pernah ngelakuin sesuatu yang beda, dan hasil nya pasti suatu pembelajaran. Seneng deh kalo punya banyak cerita dalam hidup. Ya mungkin salah satu caranya ngelakuin hal-hal berbeda dan nyoba suatu yang baru. Ga ada ruginya! sumpah :)


(Kali kali aja kalian mau baca hehe, nih: http://suaramahasiswa.com/blog/BUDAYA-Teater-Manusia-Kayu-Tetap-Kritis-dengan-Konsep-Musikal-Khas-Teater-Kampus.html ) 


And thank God, for giving me such the opportunity :)

No comments:

Post a Comment